Sabtu, 19 Desember 2009

Tugas-9 Printer

1. Pengertian printer

Printer adalah output device berupa piranti keras (hardware) yang mencetak teks atau
grafik pada kertas dan media cetak lainnya yang memungkinkan.

2. Gunanya Printer

Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung
ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan
tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis.
Istilah yang
dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah
banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya
maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika
resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.

3. Kelebihan dan kelemahan printer non infus

dengan printer non infus display pemakaian tinta selalu tidak sesuai dengan keadaan di cartridge.

4. Cara merawat printer

Ada pepatah mengatakan "Lebih baik mencegah dari pada memperbaiki !!"
Pepatah ini sangat perlu di lakukan, karena apabila head printer anda rusak , maka biaya untuk memperbaiki printer, hampir sama dengan anda membeli printer baru.
Jadi untuk itu kita harus bisa merawat printer kita dengan benar, Merawat printer ternyata caranya mudah sekali, hanya di butuhkan beberapa menit tiap minggu nya, maka printer anda akan terhindar dari masalah-masalah kerusakan printer.

Untuk menghindari dari kerusakan kerusakan printer :

  • Pakai Printer secara teratur dan berkala
    Permasalahan yang paling sering kita hadapai adalah kwalitas cetak yang buruk, ada garis putih yang melintang , warna yang hilang atau tinta tidak keluar sama sekali.
    Dengan pemakaian Printer yang teratur, maka kita tetap menjaga agar tinta mengalir dan membasahi permukaan nozzle.
    Apabila kita jarang memakai printer, usahakan minimal tiap 1 minggu sekali kita melakukan test print.
    Dengan demikian dapat mencegah agar tinta tidak kering pada permukaan nozzle.
    Jika anda tidak melakukan ini, maka head printer anda akan lebih cepat buntu, dan ini berlaku untuk semua merk inkjet printer.

    Tips : Anda bisa letakkan catatan kecil di depan monitor anda untuk mengingatkan agar selalu melakukan pencetakan setiap minggu secara rutin, baik untuk warna hitam maupun warna yang lain.
    misalnya : lakukan pencetakan halaman web yang kaya warna atau foto ukuran kecil yang kaya warna.
    Cara ini lebih efisien dari pada anda melakukan head cleaning pada printer anda.

  • Mematikan (Shut Down) Printer secara benar
    Jangan lupa untuk mematikan printer anda jika tidak di pakai, cara ini juga dapat menghindari ke-buntuan nozzle pada head anda.

    Penting : matikan Printer dengan on/off button pada printer anda, jangan mematikan dengan cara mencabut kabel printer anda.
    Karena bila anda mematikan dengan on/off button, akan mengaktifkan mekanik capping yang akan membantu untuk mencegah nozzle mengering.

  • Jangan menggunakan kertas yang kotor atau berdebu
    Jika Anda mencetak dengan menggunakan kertas yang berdebu, maka mekanik penggerak kertas atau roller paper akan lebih cepat kotor.
    Jika ini terjadi maka roller paper anda akan lebih cepat aus/rusak, efeknya adalah printer tidak dapat menarik kertas.
    Bagaimana bila roller paper anda kotor ?
    Anda dapat bersihkan dengan Dura klin, caranya : Teteskan Dura klin pada kertas HVS polos, kemudian print halaman kosong pada kertas tersebut, lakukan 4-5 kali, atau gunakan tombol tray pada printer, untuk menarik kertas keluar.

    Penting : Jangan pakai Vacuum Cleaner untuk membersihkan printer, dapat mengakibatkan short/korsleting dan terbakar pada board di dalam printer.
    Tips : Jika anda tinggal di tempat yang berdebu, pakailah cover printer agar printer anda lebih terhindar dari debu, cover dapat berupa plastik atau kain.

3. Kebihan dan kelemahan printer infus
Kelebihan kalo dipasang infus,

Pertama, suplai tinta tidak cepat habis. Gimana cepat habis, ukuran normal untuk sebuah cartridge terisi sebanyak kurang lebih 20 ml. Kalo dipasang infus sistem biasanya disediakan 6 X lipatnya atau sebanyak 120 ml (termasuk yang ada di cartridge). Dampaknya tentu saja kita tidak disibukkan dengan isi ulang tinta. Anda tahu sendiri bagaimana sulitnya refill tinta, kadang tangan dan baju belepotan sama tinta. Butuh waktu minimal sehari agar tinta bisa hilang dari kulit kita.

Kedua
, menambah umur cartridge. Koq bisa? Ya terutam untuk printer canon. Perlu diketahui, ketika kita melepas dan memasang kembali cartridge ke printer, IC pada circuit cartidge akan menghitungnya. Nah pabrikan sudah memprogram agar pada hitungan tertentu, setelah melepas dan memasang kembali, cartridge tidak bisa dipakai lagi. Alias harus diganti, ini ditandai dengan ngeblink 7 x untuk cartridge color, dan 15X untuk cartridge black. Lho koq gitu? Iya kenyataannya gitu, sebagai konsumen kita pasrah aja apa maunya produsen. Tetapi bukan pasrah negatif lho ya! Dan salah satu solusinya adalah memasang infus sistem.
Tiga, peduli kelestarian lingkungan. Lho apa hubungannya? Bisa dibayangkan kalau setiap habis tinta, user terus ganti cartridge atau toner (untuk laser jet), tentu sampah berbasis plastik akan meningkat pesat dibandingkan kalo user melakukan refill tinta atau memasang infus sistem.

Kelemahan Memasang CISS pada Printer

Pertama kualitas Instalasi CISS.

Kualitas instalasi sistem infus sangat menentukan masa depan printer kita. Installer CISS yang handal akan mampu memasang CISS dengan baik dan tidak mudah mengalami permasalahan ketika di pakai. Installer CISS akan mempelajari betul gerak cartridge sehingga mampu memasang CISS dengan tepat.
Disamping itu, sering saya temui printer yang sudah dipasang CISS tidak dilengkapi dengan botol pembuangan eksternal. Bisa ditebak, bak pembuangan absorber internal bawaan pabrik akan cepat penuh.

Kedua Printer CISS Jarang Dipakai.
Kalau point pertama lebih disebabkan oleh installernya, maka pada point kedua ini disebabkan oleh user. Memasang infus sistem sangat dirasakan manfaatnya bagi user yang memiliki aktivitas cetak yang tinggi. Diantaranya mereka yang berkecimpung di dunia percetakan, juga sekolah-sekolah yang sering bikin laporan buat atasannya, kantor-kantor dll.



5. Cara merawat infus
  1. Printer modifikasi jangan dibawa dengan posisi miring atau terbalik.
  2. Posisi botol harus sama tinggi dengan printer.
  3. Ketika proses pencetakan dimulai, tutup yang kecil harus dibuka.
  4. Jika printer akan dipindah tempat, semua tutup pada botol harus terpasang rapat.
  5. Ketika botol akan diisi semua tutup harus dibuka, pengisian tinta dapat dilakukan pada lubang besar pada botol.
  6. Jika hasil cetak kurang memuaskan lakukan proses head cleaning. *perhatian jangan terlalu sering cleaning head akan menyebabkan head cepat rusak sebaiknya hubungi Vendor Anda
  7. Jika tinta pada botol sudah ¼ lakukan segera pengisian tinta.
  8. Buang tinta buangan jika sudah ½ atau ¾ botol.
  9. Jangan sampai tinta pada botol benar – benar habis.
  10. Diusahakan tidak berganti merk tinta, apabila mau diganti tinta lama harus dibuang atau di kuras
  11. Jangan segan-segan menghubungi kami

Sedangkan untuk kualitas tinta sebaiknya anda bertanya ke kami untuk minta referensi tinta yang sudah terbukti.
karena sebagai orang awam akan sulit sekali membedakan tinta bagus atau jelek. sejauh pengalaman saya, tinta untuk EPSON yg berbau menyengat kurang bagus digunakan untuk infus. cari yg sedikit harum atau soft…

Saya disini akan share pengalaman saya aja, ada 3 jenis tinta yang dipakai sampai saat ini, mungkin ada tambahan lain yang saya belum pernah tau anda bisa posting disini :

  • Tinta dye, tinta berbahan dasar air, hasil cetak bagus, tapi mudah luntur.
  • Tinta pigmen, berbahan dasar pigmen, hasil cetak cukup bagus tapi masih kalah kualitas dibanding tinta dye, tidak luntur.
  • Tinta sublimation, tinta ini sangat pekat, sehingga mirip dengan cat, digunakan untuk cetak di kaos, keramik, dsb.

untuk setiap merk printer memerlukan tinta yang berbeda pula, tidak bisa 1 tinta digunakan untuk setiap printer, karena struktur dan cara print untuk setiap printer berbeda.

untuk epson, menggunakan sistem pompa, yang disebut sebagai piezzoelektrik, sedangkan untuk hp dan canon menggunakan sistem pemanas.

untuk sementara postingan saya begini dulu, nanti sambil jalan akan saya tambahkan pengalaman-pengalaman yang lain.


9b. manfaatnya
cara mengubah ukuran inci ke cm

6. Jenis - jenis printer :

Printer Dot Matrik

Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal 'bandel' (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.


Printer Laser Jet

Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.




Printer Inkjet

Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer

Prinsip yang utama suatu pencetak laser adalah keelektrikan statik, yang sama energi yang membuat alat pengering tetap bersatu .Keelektrikan statik adalah hanya suatu [beban/ tugas] yang elektrik penuh dibatasi obyek, yang dibebankan tertarik untuk satu sama lain, object dengan bidang keelektrikan statik kebalikan melekat bersama-sama.

Suatu pencetak laser digunakan sebagai sort;jenis dari " lem yang temporer." Komponen inti dari sistem ini adalah photoreceptor, secara khas suatu silinder atau drum yang berputar. Perakitan drum ini dibuat dari material photoconductive yang dipisah oleh satuan energi dalam cahaya .

2. Trik dan tips memilih Printer yang Bagus

Kasus 1:
Halaman yang di-print tidak banyak, tapi sering nge-print gambar dan foto berwarna, serta menggunakan scanner dan mesin fax. Di lain sisi budget untuk keperluan printing terbatas?

Solusi:
Untuk kasus di atas, anda bisa memilih printer inkjet all-in-one yang bisa dipakai untuk print, copy, scan sekaligus fax. Dengan printer seperti ini, anda bisa mendapatkan banyak fungsi hanya dalam satu produk. Selain itu biaya suplainya (seperti pembelian tinta) juga bisa ditekan.

Kasus 2:
Setiap hari sering nge-print dokumen teks dan spreadsheet, tidak masalah hanya menggunakan tinta hitam. Tetapi menginginkan printer yang reliable dan bisa menangani volume printing dalam jumlah besar.

Solusi:
Pilihlah printer monochrome laser. Monochrome laser menawarkan cost per page yang murah, sesuai untuk pengguna yang sering nge-print dalam volume banyak. Dari sisi harga, printer ini bisa dijangkau konsumen karena harganya tidak mahal. Selain itu, printer ini umumnya bisa di-share ke jaringan sehingga pengguna lain bisa memakainya yang ujung-ujungnya membantu meminimasi cost perusahaan.

Kasus 3:
Sering nge-print banyak halaman dengan tinta hitam, tapi juga menggunakan tinta warna jika dokumen ditujukan untuk klien. Masalahnya utamanya adalah menginginkan cost per page yang murah.

Solusi:
Pilihlah printer laser berwarna. Dengan printer ini, anda bisa mem-print brosur secara profesional, dokumen klien sekaligus menghemat waktu dan uang daripada harus outsourcing dokumen berwarna. Pelanggan juga bisa memakai printer ini setiap hari tanpa perlu membeli alat tambahan.
(http://kwawoenkz.blogspot.com/2007/11/tips-trik-memilih-printer.html)

7. Daftar Harga Printer

PT. Indonesia EPSON Industry(EJIP Plot 4E, Cikarang Selatan, Bekasi 17550 Indonesia)
- Printer EPSON C90 Rp 675.000,-
- Printer EPSON T11 (Pengganti C90) Rp 575.000,-
- Printer EPSON CX 5500 Rp 1.040.000,-
- Printer EPSON R 230 Rp 1.790.000,-
- Printer EPSON R 290 Rp 2.030.000,-
- Printer EPSON 1390 ( A3 ) Rp 4.560.000,-

- Printer CANON IP 1300 Rp 425.000,-
- Printer CANON IP 1980 Rp 640.000,-
- Printer CANON MP 145 Rp 980.000,-
- Printer CANON IP 4500 Rp 1.550.000,-
- Printer HP DeskJet 2566 Rp 545.000,-
- Printer HP DeskJet F 2276 Rp 885.000,-
- Printer HP LaserJet 1006 Rp 1.150.000,-
- Printer HP OfficeJet 4355 Rp 1.320.000,-
- Printer HP LaserJet 1280 (A3) Rp 3.180.000,-
(http://forum.detik.com/showthread.php?t=70248)

8. Cara Instal Driver Printer

Ada beberapa cara untuk menginstall driver printer baik itu menggunakan CD Driver bawaan Printer itu sendiri maupun driver default dari sistem operasi yang digunakan seperti windows.Berikut ini kita coba meng-install driver printer dengan driver yang sudah tersedia pada windows (bukan dari cd driver printer) yaitu driver printer untuk Epson LX-800.

Pertama-tama klik Start-Printers and Faxs
kemudian klik Add Printer
Setelah itu perhatikan tanda contreng atau tanda centang pada Local printer attached to this Computer, ini dipilih apabila kita menginstall driver untuk printer yang terpasang langsung (local) pada komputer kita dan bila menginstall driver printer yang berada pada komputer lain dalam jaringan maka berikan tanda centang pada A network printer, or a printer attached to another computer.

Pada praktek kita kali ini karena installasi driver lokal maka tidak usah diubah atau tetap pada pilihan Local printer attached to this Computer kemudian klik Next
Setelah klik Next maka kita dihadapkan pada pemilihan port yang digunakan untuk printer lokal yaitu LPT1 kemudian klik Next.

Pada jendela Install Printer Software, tentukan pilihan Jenis Printer yaitu "EPSON" yang berada pada jendela sebelah kiri dan Nama Printernya adalah "Epson LX-800" yang berada pada jendela sebelah kanan kemudian klik Next.Kemudian pada jendela Name Your Printer ketikan nama printer yang dikehendaki misalnya "Epson LX-800" selanjutnya tekan Next.

Langkah berikutnya menentukan apakah printer yang diinstall ini akan digunakan sendiri atau digunakan bersama dalam jaringan. Apabila digunakan sendiri maka pilih Do not share this printer dan apabila printer tersebut nantinya juga digunakan oleh komputer lain dalam jaringan maka harus pilih Share Name dan ketikan nama printer yang nantinya berfungsi untuk nama printer yang dapat dilihat dan di install pada komputer lain dalam jaringan tersebut.

Karena pada praktek kali ini tidak untuk printer jaringan maka pilih do not share this printer dan klik next untuk masuk pada jendela Print Test Page.Jika ingin melakukan print test page (printer akan melakukan pencetakan pertama kali secara otomatis) kaka pilih Yes dan jika tidak maka pilih No, setelah itu klik Next dan Finish.
(http://barajakom.blogspot.com/2009/03/cara-instal-driver-printer.html)

9.. Cara Setting Driver Printer untuk Berbagai Jenis Merek
agar printer yang terpasang pada komputer kita bisa digunakan.Berikut ini saya akan berikan uraian sedikit tentang cara meng-install driver printer pada komputer maupun laptop kita.

Ada beberapa cara untuk menginstall driver printer baik itu menggunakan CD Driver bawaan Printer itu sendiri maupun driver default dari sistem operasi yang digunakan seperti windows.Berikut ini kita coba meng-install driver printer dengan driver yang sudah tersedia pada windows (bukan dari cd driver printer) yaitu driver printer untuk Epson LX-800. Pertama-tama klik Start-Printers and Faxs kemudian klik Add Printer Setelah itu perhatikan tanda contreng atau tanda centang pada Local printer attached to this Computer, ini dipilih apabila kita menginstall driver untuk printer yang terpasang langsung (local) pada komputer kita dan bila menginstall driver printer yang berada pada komputer lain dalam jaringan maka berikan tanda centang pada A network printer, or a printer attached to another computer. Pada praktek kita kali ini karena installasi driver lokal maka tidak usah diubah atau tetap pada pilihan Local printer attached to this Computer kemudian klik Next Setelah klik Next maka kita dihadapkan pada pemilihan port yang digunakan untuk printer lokal yaitu LPT1 kemudian klik Next. Pada jendela Install Printer Software, tentukan pilihan Jenis Printer yaitu "EPSON" yang berada pada jendela sebelah kiri dan Nama Printernya adalah "Epson LX-800" yang berada pada jendela sebelah kanan kemudian klik Next.Kemudian pada jendela Name Your Printer ketikan nama printer yang dikehendaki misalnya "Epson LX-800" selanjutnya tekan Next. Langkah berikutnya menentukan apakah printer yang diinstall ini akan digunakan sendiri atau digunakan bersama dalam jaringan. Apabila digunakan sendiri maka pilih Do not share this printer dan apabila printer tersebut nantinya juga digunakan oleh komputer lain dalam jaringan maka harus pilih Share Name dan ketikan nama printer yang nantinya berfungsi untuk nama printer yang dapat dilihat dan di install pada komputer lain dalam jaringan tersebut. Karena pada praktek kali ini tidak untuk printer jaringan maka pilih do not share this printer dan klik next untuk masuk pada jendela Print Test Page.Jika ingin melakukan print test page (printer akan melakukan pencetakan pertama kali secara otomatis) kaka pilih Yes dan jika tidak maka pilih No, setelah itu klik Next dan Finish. Installasi driver printer sudah selesai selamat menggunakan printer untuk mencetak dokumen anda. 5.Printer merupakan salah satu bagian dalam sistem computer yang berfungsi untuk menampilkan hasil pekerjaan Anda. Oleh karenanya agar Anda menghasilkan hasil pekerjaan yang optimal, maka perlu dilakukan pengaturan konfigurasi computer tersebut.

Instalasi printer baru dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu local printer dan network printer.

Instalasi local printer

Langkah yang digunakan untuk menginstalasi local printer adalah sebagai berikut :

a. Klik tombol Start yang ada pada baris Taskbar, kemudian klik pilihan Printers and Faxes.

Selain menggunakan cara diatas, Anda dapat menggunakan perintah pada jendela Control Panel, klik icon Printers and Other Hardware. Di layar akan terlihat jendela Printers and Other Hardware, kemudian klilk icon Printers and Faxes. Jendela Printer and Faxes akan terlihat di layer.

b. Pada jendela Printers and Faxes, klik pilihan Add a Printer atau klik menubar File, kemudian klik pilihan Add Printer.

Di layar akan terlihat jendela Add Printer Wizard.

c. Klik tombol Next> untuk menampilkan kotak dialog berikutnya.

  • Local printer attached to this computer : jika printer yang baru yang diinstalasi langsung terpasang pada computer Anda. Apabila printer yang Anda gunakan mendukung Plug and Play, maka tandai dengan checklist pilihan Automatically detect and install my Plug and Play printer.
  • A network printer, or a printer attached to another computer : jika printer terpasang pada computer yang lain dengan fasilitas jaringan (network). Dan printer tersebut Anda gunakan dalam proses pencetakan.

d. Klik tombol Next> untuk menampilkan kotak dialog berikutnya, kemudian tentukan port yang digunakan oleh computer tersebut dengan cara klik pilihan LPT1 pada bagian Use the following. Perhatikan gambar dibawah ini, kemudian klik tombol Next> untuk menampilkan kotak dialog berikutnya.

e. Tentukan nama perusahaan pembuat printer atau merk printer pada pilihan Manufacture. Kemudian pilih model printer yang akan ditambahkan pada pilihan Printers. Misalnya HP pada pilihan Manufacturer dan HP LaserJet 2100 PCL6 pada pilihan Printers.

Apabila pada daftar pilihan printer tersebut tidak ada, maka Anda dapat memilih model printer yang kompitibel dengan printer yang Anda gunakan, pada pilihan Have Disk. Perhatikan gambar dibawah ini.

f. Klik tombol Next> untuk menampilkan kotak dialog berikutnya, kemudian ketikkan nama printer yang Anda inginkan pada pilihan Printer Name. Apabila printer yang Anda instalasi tersebut akan dijadikan sebagai standard penggunaan printer (default printer), maka klik pilihan Yes pada bagian do you to use this printer as the default printer? Perhatikan gambar ini, kemudian klik tombol Next> untuk menuju pada kotak dialog Printer Sharing.

g. Pada kotak dialog Printer Sharing tersebut, Anda dapat menentukan apakah printer baru tersebut dapat digunakan bersama dengan pemakai lain dalam jaringan (network) ataupun hanya digunakan oleh computer Anda saja. Kemudian klik tombol Next> untuk menampilkan kotak dialog Print Test Page.

h. Pada kotak dialog Print Test Page, Anda dapat menentukan apakah akan mencetak halaman percobaan (pilihan Yes) atau tidak akan melakukan pencetakan halaman percobaan (pilihan No).

i. Kemudian klik tombol Next> untuk menampilkan kotak dialog berikutnya.

j. Klik tombol Finish untuk mengakhiri proses instalasi tersebut. Perhatikan tampilan berikut yang berisi informasi proses instalasi printer.


10. Cara Setup Jenis Kertas

CARA MENGUBAH TAMPILAN HALAMAN
TAMPILAN HALAMAN

Microsoft Word 2003 memiliki 4 buah jenis tampilan halaman

a. Normal
Ubah ke mode ini jika ingin menggulung halaman secara cepat
b. Web layout
Menampilkan naskah dalam mode web
c. Print Layout
Sesuai tampilan naskah yang sebenarnya dalam kertas
d. Outline
Struktur dokumen. Ubah ke mode ini jika sobat ingin melihat dan mengubah struktur (susunan) naskah sobat dengan cepat dan mudah.

Dalam keadaan default, tampilan halaman yang terpasang adalah normal. Sebelum sobat bekerja dengan sebuah dokumen (naskah) , ubahlah terlebih dahulu kemenu print layout , dan buatlah ini menjadi default . karena dengan mode ini , susunan naskah kita akan sesuai dengan susunan di kertas , dan lebih mudah dipahami.


CARA MENGUBAH TAMPILAN HALAMAN

a. Klik Menu View
b. Maka akan keluar Jenis jenis tampilan halaman seperti diatas, pilihlah dan klik salah satu.
c. Maka jenis tampilan halam sebelumnya akan segera diganti dengan jenis tampilan yang sobat pilih. dan berlaku selama sobat tidak mengubahnya ke yang lain.

HALAMAN

Sebelum sobat membuat sebuah naskah, sebelumnya ubah terlebih dahulu ukuran halaman yang terpasang sesuai dengan ukuran halaman yang akan digunakan. Karena jika ukuran halaman berubah, letak seluruh teks dan gambar juga ikut berubah. Jika naskah sobat besar, maka ini akan melelahkan, karena sobat akan dua kali bekerja {mengatur kembali isi naskah}.

MERUBAH UKURAN HALAMAN

Dalam keadaan Default, ukaran halaman {ukuran kertas}yang terpasang dalam Microsoft Word adalah Letters {8 1/2x11in}, yaitu suatu ukuran yang sedikit lebih kecil dari kertas Quarto.oleh karena itu, jika sobat akan menggunakan kertas Quarto atau polio {yang umum di gunakan di indonesia}, maka sebelum mengetik surat atau naskah lain, ukuran halaman lebih baik di tentukan terlebih dahulu.

CATATAN:
Ukuran halaman bisa juga di ubah setelah naskah di ketik, tetapi cara ini tidak penulis anjurkan, karena nanti sobat akan mengatur kembali teks dan gambar untuk penyesuaian dengan ukuran halaman yang baru.jadi sobat akan bekerja dua kali.

CARA MENGUBAH UKURAN HALAMAN DENGAN MS WORD 2000-2003
a. Klik menu file.
b. Klik page setup.
c. Maka akan keluar kotak dialog page setup
d Pada kotak paper size pilihan:
.A4 Ukuran kertas Quarto
.B5 Ukuran buku yang dijual di umum
Fanfold 8.5”x12 in Ukuran folio.
Jika disitu tidak ada pilihan fanfold 8.5 x12 in, pilih kostum kemudian isikan:
width : 8.5” (8.5 in)
height : 1 2.5” (12.5 in)

CARA MENGUBAH UKURAN HALAMAN DENGAN MS WORD 2007

a. Klik menu Office button 2. Cari toolbar print sorot ke kanan 3. Klik print Preview setelah terbuka jendela print preview seperti ini 4. Klik pada menu size , maka akan tampil ukuran ukuran halaman CATATAN 5. Jenis ukuran halaman yang tersedia tergantung jenis printer yang sobat gunakan, semakain canggih printer sobat, semakin banyak jenis ukuran halaman yang tersedia. 1”artinya 1 inch, dan 1 inch=21/2 cm. MENGUBAH MARGIN 6. Setelah ukuran kertas atau halaman selesai di ubah, klik tab margin untuk mengubah margin (batas-batas teks terhadap pinggir halaman/kertas). Jika sobat menggunakan Ms Word 2007 tinggal klik pada toolbar Margin, lalu klik custom margin maka akan tampil menu page setup , seperti pada gambar berikut.

b. Jika sobat menggunakan kertas FOLIO, isikanlah margin seperti di bawah ini: TOP : 1” BOTTOM : 1” LEFT : 1,5” RIGHT : 1” GUTTER : 0” HEADER : 0,5” FOOTER : 0,5 “ 8. Kemudian pada kotak APPLY TO pilih Whole docoment agar semua perubahan margin berlaku, untuk seluruh halaman pada dokumen. Jika sobat memilih THIS POINT FORWARD maka perubahan margin yang kita buat hanya berlaku mulai posisi kursor hingga akhir naskah. KETERANGAN TAMBAHAN Header jarak teks dari sudut atas kertas. Pooter jarak teks dari sudut bawah kertas. Gutter untuk mengatur jarak inside jika mirror margins ditandai, dan mengatur jarak margin kiri (left margin) jika mirror margins tidak di tandai Mirror margins untuk membuat jarak margin kiri pada halaman depan sama dengan jarak margin kiri pada halaman belakang {inside}.itu ditunjukan jika sobat akan mencetak naskah timbal -balik pada kertas {naskah akan dijilid-facing faces},sehingga teks tidak terkena lipatan. Jika sobat memilih mirror margins, left akan berubah menjadi inside dan right akan berubah menjadi outside. Inside artinya margin kiri untuk halaman depan dan margin kanan untuk halaman belakang . Sedangkan outside artinya margin kanan untuk halaman depan dan margin kiri untuk halaman belakang. 2 pages per sheet Untuk membagi 2 halaman.gunakan ini jika kertas akan dilipat seperti buku,dan pilih landscape sebagian pasangannya. Gutter position yaitu Mengubah posisi gutter.
11. Cara Mengatasi troble shoutting

Masalah dan trouble yang sering terjadi pada printer, berikut ?*

Printer tidak dapat mencetak*

Printer kelihatan mencetak, namun tidak ada sesuatu yang tertulis diatas kertas*

Halaman cetakan tidak lengkap atau karakter yang dicetak aneh*

Lampu indikator hanya berkedip-kedip terus saat diberikan perintah mencetak*

Kertas tidak dapat masuk ke printer sebagaimana mestinya*

Kertas tidak dapat keluar dari printer*

Hasil cetakan bergaris -garis*

Beberapa fitur yang dijanjikan oleh produsen printer tidak dapat bekerja*

Printer menjadi lambat dalam mencetak*

Font yang tercetak tidak sama dengan yang tampil di layar monitorBila anda pernah menemui masalah -masalah diatas, mungkin tips-tips berikut ini dapat anda gunakan sebelum anda memutuskan untuk membawa printer anda ke bengkel.

a. Printer tidak dapat mencetakAda beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan printer tidak dapat mencetak. Anda dapatmulai untuk memeriksa hal-hal berikut:

b. Periksa koneksi printer dengan jaringan listrik. Pastikan kabel power printer telahdicolokkan ke konektor (stop kontak) listrik dengan sempurna .

c. Pastikan saklar “on-off” printer atau tombol switch printer dalam posisi “on”. Permasalahanyang diakibatkan oleh tidak adanya power untuk printer ini biasanya ditandai dengan tidakmenyalanya LED (lampu indikator) dari printer tersebut, selama printer menggunakan LEDuntuk indikator power.

d. Periksa sambungan kabel data printer, apakah sudah terhubung dengan port pararel / portUSB di komputer dengan benar.

e. Cobalah untuk menggunakan kabel data printer yang lain (pinjam teman) sebagaipercobaan. Pernah terjadi kasus yang diakibatkan oleh putusnya tembaga dari salah satukabel data di tengah -tengah kabel sehingga data dari komputer tidak dapat sampai ke printer.

f. Apabila anda menggunakan sistem operasi Microsoft® Windows®, dan anda menggunakanprinter yang terhubung ke port pararel di komputer anda, coba jalankan perintah yangdicetak tebal berikut ini di jendela MSDOS® Prompt:

g. C:\>dir >>LPT1

h. Maksud dari perintah diatas adalah untuk membelokkan hasil tampilan perintah “dir”(perintah untuk penampilkan daftar isi dari suatu direktori) dari yang seharusnya ke monitornamun dialihkan ke port pararel komputer.

i. Pastikan anda telah melakukan instalasi driver untuk printer tersebut.

j. Pastikan anda telah memilih driver yang tepat untuk printer yang anda gunakan.

k. Pastikan anda telah memilih port yang tepat untuk printer anda. Lihat opsi ini melalui menuprinter poperties.

l. Coba gunakan aplikasi teks editor standard untuk sistem operasi anda untuk mencetaksesuatu (misalnya notepad). Jika aplikasi teks editor anda dapat mencetak, makakemungkinan besar kesalahan bukan pada printer anda.

m. Cobalah untuk merubah setting printer anda menjadi “Default Printer” atau cobalah untukmelakukan instalasi ulang driver untuk printer anda dengan nama printer yang lain danubahlah instalasi baru tersebut sebagai “Default Printer”.

12. Cara Mengatasi Printer yang Ngeblink

Lampu warna orange dan hijau hidup secara bergantian sebanyak 7 kali dengan spasi warna hijau, mengindikasikan bahwa waste counter sudah lebih dari 100%, ini adalah kondisi terakhir setelah peringatan operator call error dengan kode lampu orange berkedip tanpa diselingi warna hijau sebanyak8 kali atau sering disebut blinking SERVICE MODE Dalam keadaan error maka printer dalam kondisi sibuk dan tidak siap dilakukan inspeksi, langkah awal untuk inspeksi diharuskan memasukkan printer pada mode service dengan cara sebagai berikut:

a) Dalam kondisi printer mati dengan printhead catridge terpasang, pada saat power off (tanpa listrik) tekan dan tahan tombol power (sebelah kiri) kemudian berikan power (masukkan kabel listrik).

b) Dalam kondisi tombol power masih tertekan, tekanlah tombol resume (sebelah kanan) 2 kali, kemudian lepaskan tombol power, dan tunggulah beberapa saat setelah lampu tidak berkedip.

c) Setelah lampu tidak mengindikasikan adanya error berarti printer siap untuk diinspeksi, apabila masih ada indikasi error lain silahkan cek apakah printhead cartridge sudah terpasang, atau cobalah cek indikasi kode error tersebut.

13. Dampak Negatif Virus terhadap Komputer

a. Printer menjadi lebih lamban bila hendak mengeprint

b. Printer lebih sering ngeblink

c. Printer lebih cepat rusak

d. Bahkan printer tidak bisa mencetak





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar